Sabtu, 02 Agustus 2014

Mendaki Gunung Batur (1.717 mdpl)

Pendakian 17-18 Mei 2014

Gunung Batur terletak di Kabupaten Bangli, memiliki ketinggian 1.717 mdpl. Puncak Gunung Batur merupakan objek wisata yang sangat menakjubkan, terutama ketika melewati jalur trekking pada puncak gunung yang menjalar sepanjang tepian kaldera dan berakhir menuju pos 3, sebelum melanjutkan untuk turun gunung.

Jalur Trekking di puncak Gunung Batur

Saat itu saya melakukan pendakian bersama-sama Komunitas Parkour Bali, pukul 9 malam kami melakukan perjalanan dari Denpasar melalui jalur lurus Singapadu-Payangan-Toya Bungkah. Kira-kira pukul 11 malam kami sampai pos 1 di kaki gunung (Di pos 1 tempat kami memarkir kendaraan terdapat Pura, kalau ngga salah namanya Pura Jati Toya Bungkah). Dengan beristirahat sebentar, sambil mengecek perlengkapan kami sebelum mendaki. Tepat pukul 1 malam kami pun bersiap mendaki dengan diiringi doa bersama terlebih dahulu. Dari sini perjalanan dimulai sampai pada pos 2 (kira2 ketinggiannya baru 1/4 gunung) beristirahat sejenak sekaligus sebagai pemanasan. "Ini baru pemanasan" kata teman di sebelah saya sembari nafas agak tersengal2 :D

Sekitar 10 menit istirahat kami lanjut berangkat menuju pos 3, setengah perjalanan kami dari bawah ditemani pohon2an rimbun dan setengahnya lagi menuju ke atas diiringi oleh bebatuan. Dari pos 3 sini jalurnya agak sedikit menantang, jalannya tidak segampang sesudahnya, disini rintangannya adalah tanah yang agak berpasir. Tentu ketika naik akan sedikit lebih sulit. Cengkeraman sepatu haruslah kuat (bergerigi) dan jika alas kaki kita halus tentu akan sangat sulit dan memerlukan tenaga lutut ekstra untuk menyeimbangkan pijakan.

Pukul 3 pagi saya mencapai puncak (memerlukan +- 2 sampai 3 jam untuk mencapai puncak), udara waktu itu sangatlah dingin sehingga saya sangat tersiksa :D tapi senang hahaha. Menurut pengalaman saya berangkatlah mendaki dari pukul 3 pagi sehingga mencapai puncak pukul +-5 pagi dan tubuh akan langsung diterpa hangatnya sinar mentari pagi.

Sunrise Puncak Gunung Batur

Setelah menikmati sunrise, kami menikmati pemandangan yg ada dan itu sangat menakjubkan pagi2 berada disana. Sungguh2 pemandangan yg begitu indah.

Setelah melalui jalur trekking di sepanjang tepian kaldera, di pemberhentian (pos objek wisata) kami disambut oleh kedatangan para wanara yang cantik2 dan ganteng2 :D

Setelah puas kami menikmati pemandangan disana, kami pun melanjutkan perjalanan untuk menuruni gunung. Tak ada kata2 yg bisa diucapkan untuk menyaingi kehebatan pemandangan yg disuguhkan di puncak Gunung Batur. Hanya 3 kata ungkapan untuk Gunung Batur :